SELAMAT DATANG DI PRABU MEDIA
TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI KAMI
SAMPAI JUMPA LAGI
oleh

Tanggapi Polemik Doa Bersama MENAG, Sekjen GEKIRA: Di Acara Gerindra Sudah Tradisi Sejak Lama

PRABUMEDIA , JAKARTA – Wacana Doa Bersama dari Menteri Agama Republik Indonesia kembali menjadi perdebatan publik pasca Menag Yaqut ingin agar semua agama yang diakui di Indonesia, mendapat kesempatan yang sama dalam doa. Menurut Gus Yaqut Kementerian Agama bukanlah ormas Islam. Jadi tidak melulu doa umat Islam saja yang diutarakan.

“Pagi ini saya senang karena Rakernas dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Quran ini memberikan pencerahan sekaligus penyegaran untuk kita semua. Tapi akan lebih indah lagi jika doanya semua agama diberikan kesempatan untuk memulai doa”, ucapnya dalam kata sambutan Rakernas Kemenag 2021 Senin, 5/4.

Menanggapi hal ini Sekjen Gerakan Kristiani Indonesia Raya (GEKIRA) Nikson Silalahi menyatakan dukungan terhadap wacana tersebut dengan sudut pandang yang bijak dan rasional.

“Kita paham maksud pak Menteri bahwa insiatif dimaksud tentu pemberlakuannya akan bijak,” kata Nikson. Pemberlakuan secara bijak itu, sebagai contoh, kata Nikson, kalau dalam acara-acara yang sifatnya untuk dan dihadiri satu komunitas agama, tentu pemberlakuannya akan menyesuaikan, misalnya kalau acaranya adalah acara di komunitas NU tentu tidak perlu harus doa semua agama, cukuplah doanya dibawakan secara muslim, hal yang sama ketika acaranya di komunitas PGI cukuplah secara Kristiani.
Tapi, ketika itu acara-acara yang sifatnya untuk dan diikuti berbagai anggota yang memeluk berbagai agama yang berbeda maka pembawaan doa oleh berbagai pemeluk agama yang diakui di Indonesia adalah suatu tindakan yang baik dan bijaksana.

Dirinya juga menambahkan bahwa wacana yang kini menjadi polemik itu sudah berlangsung lama bahkan menjadi tradisi di Partai Gerindra dibawah kepemimpinan Prabowo Subianto. Hal ini merupakan warisan beliau, sekaligus upaya mempererat tenunan kebhinekaan dari semua unsur partai berlambang kepala garuda tersebut.

“Bagi kami di internal Partai Gerindra, ini bukan hal baru. Sudah sejak lama Pak Prabowo Subianto selaku Ketua Umum Partai Gerindra sudah menerapkan insiatif Menteri Agama kita ini dalam setiap acara dan juga pertemuan internal, bahkan di beberapa acara besar seperti Kampanye Akbar Prabowo Sandi di GBK tahun 2019 yang lalu. Saya sendiri hadir dan menyaksikan bahwa ditengah lautan manusia yang sedang bersholawat, kelompok agama yang non muslim diberi kesempatan juga untuk memanjatkan doa ditengah mayoritas islam yang hadir. Ini sebuah contoh yang patut diwariskan dalam merawat tenunan kebhinekaan kita” beber Nikson yang merupakan CEO NIKS GROUP.

PEWARTA : PRABUMEDIA BIRO DKI JAKARTA
EDITOR : BR_77
PUBLISH BY : ADMIN PT. MEDIA KORPS NUSANTARA

Di Terbitkan Pada 11 April 2021 by Prabu Media

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed