SELAMAT DATANG DI PRABU MEDIA
TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI KAMI
SAMPAI JUMPA LAGI
oleh

Bea Cukai Teluk Nibung Ajak Semua Masyarakat Jadi Eksportir

Berlangsungnya kegiatan

Prabumedia, Tanjung Balai – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, menyampaikan bahwa peningkatan kinerja ekspor merupakan salah satu kunci pemulihan ekonomi nasional. Untuk dapat menembus pasar ekspor manca negara, daya saing produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) harus terus di tingkatkan.

Sebagai salah satu ujung tombak pelaksana tugas dan fungsi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC), Kantor Bea Cukai Teluk Nibung hadir sebagai motivator, untuk pelaku usaha UMKM dan masyarakat pada umumnya ,agar mampu menjadi eksportir aktif untuk meningkatkan penghasilan apalagi di masa Pandemi Covid 19 ini.

“Meskipun tahun 2020 dilanda pandemi covid 19, namun apabila dilihat dari keseluruhan data ekspor, baik dari segi jumlah dokumen, tonase, maupun devisa hasil ekspor, kegiatan ekspor melalui Pelabuhan Teluk Nibung masih tetap menunjukkan peningkatan”, ujar Pak I Wayan Sapta Dharma selaku Kepala Kantor Bea Cukai Teluk Nibung.

Berdasarkan data jumlah Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB) selama 5 tahun terakhir, terdapat kenaikan yang sangat signifikan dari 621 dokumen pada tahun 2015 menjadi 4524 dokumen pada tahun 2020 dengan persentase lonjakan 628% selama periode tersebut.Pada tonase ekspor,terdapat peningkatan yg signifikan dari 15.950 ton pada tahun 2015 naik menjadi 26.060 ton lada akhir tahun 2020.Dari Devisa hasil ekspor juga terjadi tren peningkatan positif dari 11.444( ribu USD) pada tahun 2015 menjadi 15.358 ( ribu USD ) pada akhir tahun 2020.

Bea Cukai Teluk Nibung juga melakukan aksi terobosan bertajuk Tim Kerja Kemudahan Layanan Informasi dan Izin Kebeacukaian Dibidang Ekspor (klinik ekspor ).

Letak geografis Pelabuhan Teluk Nibung mendukung proses transformasi menjadi Pelabuhan Ekspor, jarak yang dekat dengan Pelabuhan port Klang Malaysia,biaya logistik yang lebih bersaing untuk pengangkutan barang ekspor jenis loose cargo,sarana prasarana pelabuhan yang memadai,dan akses transportasi darat yang mudah serta pelayanan dokumen ekspor yang cepat.

“Dengan melihat potensi yang ada, serta sinergi yang semakin baik dari seluruh pemangku kepentingan,kami yakin Pelabuhan Teluk Nibung akan terus bertransformasi menjadi salah satu pintu gerbang ekspor di Pulau Sumatera”, pungkas I Wayan Sapta Dharma. (Nita)

Di Terbitkan Pada 22 April 2021 by Prabu Media

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *