SELAMAT DATANG DI PRABU MEDIA
TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI KAMI
SAMPAI JUMPA LAGI
oleh

Lakukan Podcast, Melania Hania : SMKS Katolik Kefamenanu Mampu Menjadikan Siswa Lebih Aktif, Produktif, Kreatif dan Inovatif

Prabumedia, TTU – Sekolah Menengah Kejuruan Swasta (SMKS) Katolik Kefamenanu (TTU) melakukan poadcast pada sabtu, (08/05/2021).

Ini adalah podcast perdana SMKS Katolik Kefamenanu yang bertujuan membahas dunia pendidikan, khususnya SMK. Podcast ini disiarkan langsung dilaman facebook dan Youtube SMKS Katolik Kefamenanu.

Presenter dan narasumber podcast ini dari guru SMKS sendiri diantaranya adalah Eugenia O.D. Bana, S.Pd. Sabina Adela Seno,S.Kom sebagai Presenter dan Yohanes Mamun S.Pd. M.Pd sebagai narasumber.

Kepala sekolah SMKS katolik Kefamenanu Melania Hania, S.Pd. dalam sambutanya mengatakan bahwa mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah dilakukan oleh setiap orang, di Negara-Negara berkembang seperti Indonesia masih sedikitnya lapangan pekerjaan tidak sebanding dengan banyaknya jumlah calon tenaga kerja. Selain itu masih minimnya kesadaran masyarakat akan minimnya informasi peran bekal pendidikan yang akan disandang oleh para anak itu sendiri.

“Oleh karena itu pada kesempatan ini saya menyediakan kesempatan untuk menyampaikan hal penting kiranya menjadi petunjuk untuk kita tentang bagaimana caranya kita mempersiapkan anak-anak kita untuk menjadi individu yang unggul dalam mempersiapan kepribadiannya yang siap menghadapi era globalisasi persaingan revolusi industri 4.0.,” ungkap Melania.

Melania menjelaskan, di SMK, kita diberikan keterampilan, persiapan mental dan kedisiplinan agar siap bekerja didunia usaha dan industri, karena pada era globalisasi ini terjadi persaingan yang ketat antar perusahaan atau industri sehingga banyak perusahaan atau industri yang membutuhkan tenaga kerja yang ahli dan terampil agar dapat bersaing dengan perusahaan atau industri lainnya dalam membuat barang atau jasa yang berkualitas. Semakin banyaknya perusahaan atau industri yang bekerjasama dengan SMK dalam perekrutan karyawannya membuat terbukanya banyak lowongan kerja bagi tamatan siswa SMK yang aktif, kreatif, dan produktif.

“SMK mempunyai BKK (Bursa Kerja Kesiswaan) yang senantiasa memberikan informasi lowongan pekerjaan suatu perusahaan baik kepada para siswanya maupun para siswanya yang telah lulus dari SMK. Selain itu kita juga dituntut untuk kreatif dan produktif. Kreatif yaitu dapat memanfaatkan keadaan atau peluang apapun dengan apa yang kita miliki, sedangkan produktif yaitu menghasilkan sesuatu dengan keterampilan yang sudah kita dapatkan dari SMK.” Beber Melan yang akrab disapa.

“Untuk menunjang pemikiran diatas, SMKS Katolik Kefamenanu mengajak kita sekalian untuk turut serta berpartisipasi aktif dalam menciptakan keterampilan serta sikap inovatif untuk tampil sebagai generasi siap kerja sesuai tuntutan industri yang disalurkan melalui manajemen pendidikan berkualitas yang mencakup pendidikan yang beradab, berkompeten, memiliki sikap inovatif yang siap bersaing dalam paradoks kompetetitif.” UjarNya.

Berikut adalah hal-hal yang menjadi titik fokus SMKS Katolik Kefamenanu yang menjadi target pencapainya sebagai berikut:

-SMKS Katolik Kefamenanu menyelaraskan kurikulum sesuai kebutuhan IDUKA.
-SMKS Katolik Kefamenanu menerapkan Model Teaching Factory secara optimal.
-SMKS Katolik Kefamenanu Melaksanakan program magang guru produktif untuk mencapai tuntutan dunia industri.
-Melaksanakan program magang guru dan peserta didik dengan lembaga yang memiliki untuk memperolah sertifikat setara LSP.
-Memberdayakan guru dan peserta didik untuk menuju kelas industri.
-Menyesuaikan kelas, baik kelas teori maupun praktek sesuai dengan tuntutan dunia industri.
-Teaching factory Perakitan Laptop jurusan Multimedia yang bekerja sama dengan Dunia Industri dibidang Teknologi Informasi.

  • Pelatihan kompetensi guru pada lembaga tersertifikasi sesuai dengan standar industri.
    -Pelaksanaan dan pembiasaan budaya industri disekolah.
    -Pengadaan peralatan praktik sesuai standar industri.
    -Pembelajaran praktik mendatangkan industri sebagai guru tamu.
    -Magang dan sertifikasi kompetensi guru sesuai standar industri.
    -Pemantapan budaya berwirausaha dan industri disekolah.
    -Pengembangan mental berwirausahaan bagi peserta didik melalui pendampingan mitra industri dan PT. Vokasi.
    -Pelaksanaan pembelajaran disekolah sesuai dengan kebutuhan industri dan dunia kerja.
    -Kerjasama yang aik dengan dunia industri.
    -Mendorong para guru untuk memenuhi level kompetensi yang diakui melalui lembaga baik pemerintah seperti BSNP untuk dapat diakui secara berkala.

“SMKS Katolik Kefamenanu telah siap pada segmen persaingan globalisai khususnya ekonomi kreatif dan pengembangan UMKM, oleh karnanya mari bergabung untuk menunaikan impian masa depan anda yang siap terampil dan inovatif.” Tutup Melania. (BB)

Di Terbitkan Pada 9 Mei 2021 by Prabu Media

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *