SELAMAT DATANG DI PRABU MEDIA
TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI KAMI
SAMPAI JUMPA LAGI
oleh

2 Program Desa Haitimuk, Dugaan Warga Tidak Sesuai Rancangan APBDes

PRABUMEDIA, MALAKA – Tercatat dalam Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) Desa Haitimuk, Kecamatan Weliman, Kabupaten Malaka, 2 program di tahun 2020 tersumbat, dianggap hanya sebuah pencitraan publik, ini menjadi catatan buruk bagi masyarakat Desa Haitimuk, rabu (7/5/21) kemarin.

Hal ini sangat mencederai banyak pihak dan juga cenderungnya kepercayaan masyarkat Desa Haitimuk untuk kepala wilayahnya sendiri

Terlihat 2 program yang tercatat dalam hasil kerja Kepala Desa (Kades) Haitimuk pada tahun 2020 kini menjadi tanda tanya bagi masyarkat Haitimuk, ini yang diungkapkan salah satu warga Desa Haitimuk kepada media ini.

Saat diwawancara Mateus Taboi Warga Desa Haitimuk ini mengungkapkan bahwa dirinya merasa sangat tidak puas dan kecewa dengan 2 program kerja dalam APBDes Tahun 2020, oleh Kades Haitimuk

Pertama, Pemeliharaan Usaha Jalan Tani Program Pembangunan Fisik Desa Haitimuk dengan Sistem Padat Karya Tunai (PKT) tidak ada pelaksanaan pembangunan pada pembangunan Rabat Jalan Usaha Tani, dengan nilai total anggaran sebesar RP 189, 404, 000, dan itu kami tidak melihat pembangunan tersebut.

Kedua, Peningkatan/Rehabilitasi/Peningkatan Monumen/Gapura/Batas Desa, sampai hari ini tidak pembangunan sesuai yang direncanakan akan dibangun disetiap batas – batas Desa dengan total anggaran yang tercatat sebesar RP 110, 265, 700, itu juga tidak terealisasi pembangunannya

Lanjut, Mateus menjelaskan 2 program yang direncanakan tersumbat bagi kami masyarakat Oleh Kades tidak layak dalam mengurus rumah tangganya sendiri yakni; menjabat sebagai kepala wilayah. Harusnya apa yang menjadi hak masyarakat dan juga menata pembangunan wilayah sendiri sebagai pimpinan lebih jeli dalam mengurusnya, Apa yang dibanggakan melihat pimpinan wilayah senang diatas penderitaan rakyat.

Melihat hal ini, kata Mateus, ini adalah masalah serius yang harus dibasmi dan tetap diusut tuntas sehingga ini menjadi contoh bagi generasi-generasi berikut, kelak suatu saat nanti dipercayakan jadi pemimpin dirinya harus pro rakyat dan transparansi dalam mengelola anggaran di Desa.

Mateus, dirinya sangat berharap dan meminta kepada pihak kepolisian, Inspektorat, dengan pihak terkait lainnya agar segera mengatasi dan menindaklanjuti 2 program ini dengan nilai uang yang begitu besar sehingga kami sebagai masyarakat juga tahu, manfaat dari 2 program ini terlihat bagi kami masyarakat Desa Haitimuk, Imbuhnya.

Diketahui, hingga berita ini diturunkan Kepala Desa Haitimuk belum berhasil dikonfirmasi. (Andre Tahu)

Di Terbitkan Pada 12 Mei 2021 by Prabu Media

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *