SELAMAT DATANG DI PRABU MEDIA
TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI KAMI
SAMPAI JUMPA LAGI
oleh

Deken Malaka, Rm. Mundus Apresiasi Kerja Nyata Caritas Indonesia

Prabumedia, Malaka – Caritas Keuskupan Atambua berkerjasama dengan Caritas Indonesia menyelenggarakan kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas tanggap darurat bagi relawan Caritas Keuskupan Atambua se-Dekenat Malaka di Aula Dekenat Malaka.” kamis, (24/06/2021).

Kegiatan tersebut di buka Pemerintah Kabupaten Malaka yang di wakili oleh Asisten III Setda Malaka, Drs. Yoseph Pareira dan Deken Malaka, Rm. Drs. Edmundus Sako, Pr.

Pantauan awak media, Jumat (24/06/) pagi, pelatihan tanggap darurat berlangsung dalam suasana penuh kekeluargaan dan ketat menerapkan protokol kesehatan ( prokes) ‘Covid 19’. Pelatihan akan berlangsung tiga hari sejak kamis – sabtu / 24 – 26 Juni 2021.

Fasilitstor Caritas indonesia, Rudi Raka dalam sambutannya mengatakan maksud dan tujuan dari pelatihan kapasitas para relawan ini untuk memacu Standar pelayanan kemanusiaan dan mamacu keterampilan relawan dalam menghadapi situasi darurat.

Kegiatan di maksud untuk memperkenalkan standar layanan kemanusiaan yang digunakan oleh Caritas Indonesia dan jaringannya serta relawan yang dilatih untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan teknis dalam kerja tanggap darurat serta memberikan layanan kemanusiaan yang cepat, tepat dan terukur.’ ujar Rudy.

Deken Malaka, Drs. Rm. Edmundus Sako, Pr pada kesempatan yang sama mengharapkan, agar kegiatan pelatihan ini dapat memberi pelajaran posifit bagi para relawan agar terlibat aktif menyikapi situasi tanggap darurat.

Rm. Deken juga memberikan apresiasi kepada Caritas Indonesia, karena telah merespon baik atas situasi di keuskupan atambua, dan Malaka pada khususnya.

“Mari bergandeng tangan bersama Caritas di semua tingkatan untuk menyikapi setiap situasi untuk membantu sesama dalam bencana apa pun,” imbau Rm. Mundus

Asisten III Setda Malaka, Drs. Yos Parera dalam sambutannya, memberi apresiasi atas kegiatan pelatihan kapasitas tanggap darurat yang di gelar oleh Caritas Indonesia dan delegasi peserta dari tiap paroki yang hadir dalam pelatihan ini.

Menurut Yos, kegiatan pelatihan tanggap darurat ini perlu dan sangat penting di lakukan, agar kita waspada dalam situas darurat. Jadi ketika ada bencana kita dalam keadaan siaga.

Tidak mungkin pemerintah akan berdiri sendiri, tetapi pemerintah akan bersama dengan semua LSM untuk bertindak bersama dalam kegiatan-kegiatan kemanusiaan seperti ini.

Contohnya bencana tahun ini pemda belum bergerak tetapi Caritas sudah bergerak membantu, ini sangat luar biasa,” ujar Asisten III Setda Malaka itu sembari memuji semangat relawan yang hadir.

Pemerintah tidak akan bisa bekerja sendiri, tentunya kita butuh kerja sama dari semua pihak. saat mengatasi masalah sosial kita harus bersama.” tutup Yos.

Pembukaan kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas tanggap darurat bagi relawan Caritas Keuskupan Atambua se-Dekenat Malaka, di Aula Dekenat Malaka di tandai dengan pemukulan gong oleh Asisten III Setda Malaka, Drs. Yoseph Pareira dan Deken Malaka, Drs. Rm. Edmusdus, Sako, Pr.

Hadir dalam kegiatan dimaksud, Asisten III Setda Malaka, Drs. Yoseph Pareira, Deken Malaka, Drs. Rm. Edmusdus, Sako, Pr, Fasilitator Caritas Indonesia, Rudi Raka, Fasilitator Caritas keuskupan Atambua, Siju Moreira, Koordinator relawan Caritas Dekenat Malaka, Rm. Yudel Neno, Pr dan delegasi relawan Caritas dari 20 Paroki se- Dekenat Malaka.

Corpsnews/XimenesCorpsnews,

Di Terbitkan Pada 24 Juni 2021 by Prabu

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *