SELAMAT DATANG DI PRABU MEDIA
TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI KAMI
SAMPAI JUMPA LAGI
oleh

Bukan Dari India, Nama Mata Uang Rupiah Ternyata Berasal Dari Negara Ini

PRABUMEDIA, JAKARTA – Tidak bisa dipungkiri bahwa uang rupiah menjadi hal yang penting bagi warga Indonesia.

Pastinya semua orang hampir setiap hari menggunakan barang yang bernilai ini. Walaupun sering digunakan, tampaknya masih banyak orang Indonesia yang belum tahu asal muasal rupiah atau biasa disingkat Rp ini.

BACA JUGA:

Kebanyakan orang Indonesia mengira bahwa nama mata uang Indonesia yaitu rupiah berasal dari India. Nama mata uang India adalah rupee. Dilansir dari Uang Indonesia, ternyata nama rupiah bukan berasal dari kata rupee.

Nama rupiah diambil dari bahasa Mongolia yaitu rupia. Rupia mempunyai arti perak. Jika kita kilas balik ke zaman dulu, bahan untuk pembuatan uang memang dari emas dan perak.

Uang koin Indonesia dari masa Belanda. Foto: Boombastis
Uang koin Indonesia dari masa Belanda. Foto: Boombastis

Kata rupee pada mata uang India mempunyai arti yang sama yaitu perak. Jadi, sebenarnya nama mata uang Indonesia dan India sama-sama mengambil dari bahasa Mongolia, rupia.

Oleh karena itu, dalam segi bahasa rupiah dan rupee dapat dibilang setara. Hal tersebut karena rupiah bukan turunan kata dari rupee.

Lalu, mengenai alasan mengapa bahasa Indonesia memakai huruf h di ujung kata rupia adalah karena pelafalan asli orang Indonesia, khususnya orang Jawa yang lidahnya lebih gampang menyebut seperti itu. Namun saat ini, nama mata uang negara Mongolia adalah tugrik.

Tugrik, mata uang Mongolia. Foto: Daftar mata uang dunia
Tugrik, mata uang Mongolia. Foto: Daftar mata uang dunia

Versi lain asal nama rupiah (Rp)

Namun, asal-usul nama rupiah berasal dari rupee sebenarnya masih jadi perdebatan. Beberapa berpendapat berasal dari bahasa Mongolia seperti yang telah dijelaskan di atas. Namun, ada juga pendapat lain yang mengatakan dari bahasa Sanskerta.

Bangsa India, khususnya Gujarat melakukan perdagangan dengan penduduk Nusantara. Selain itu, banyak kerajaan kuno Nusantara menggaji orang India yang melek huruf untuk membantu merapikan adminstrasi.

Oleh sebab itu, orang-orang ini disebut-sebut sebagai perantara terpengaruhnya rupiah atas rupee India.

Rupee, mata uang India. Foto: Wikipedia
Rupee, mata uang India. Foto: Wikipedia

Bahasa Mongolia mempunyai kata rupia, begitu pula pada bahasa Sanskerta yang mempunyai kata ru-pya. Keduanya sama-sama berarti perak.

Beberapa orang menyakini nama rupiah berasa dari bahasa kuno ini. Apalagi, saat zaman Belanda menggunakan gulden, orang-orang Melayu meyebutnya ru-pya.(hops)

Di Terbitkan Pada 11 Juli 2021 by Prabu Media

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *