SELAMAT DATANG DI PRABU MEDIA
TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI KAMI
SAMPAI JUMPA LAGI
oleh

Yoan Niron Jadi Narasumber Dalam Kegiatan Bersama PERLUDEM dan IRI Indonesia

Prabumedia, Jakarta – Amul Hikmah Budiman, M. Ziad Ananta, Yoan Benediktus Wujo Niron, dan Yoel Yosaphat merupakan lulusan Emerging Leaders Academies (ELA) International Republican Institute (IRI). Para politisi muda ini melibatkan diri dalam reformasi partai politik, khususnya dalam isu kepemudaan. Bersama Perludem, semua berpemahaman partai politik tidak bisa dinegasikan dalam demokrasi sehingga penting ada para pemuda melibatkan diri di partai politik untuk menjalankan representasi dan aspirasi pemuda.

Amul Hikmah Budiman merupakan kader Banteng Muda Indonesia (BMI) Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Saat ini, Amul bergiat di lembaga riset Saoraja Institute sebagai Direktur Eksekutif dan organisasi Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Maros.

“Saya terjun ke politik sebagai implementasi seorang aktivis kampus. Kebijakan publik ditentukan kekuatan politik karena itu energi muda penting untuk mempengaruhinya,” kata pelaku deklarasi antipolitik uang di program ELA.

M. Ziad Ananta adalah Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dan
Sekretaris Partai Golkar di Serdang Bedagai, Sumatera Utara. Dalam program ELA, Nanta aktif dalam kegiatan dialog demokrasi di komunitas muda dengan bertema pemuda dan partai politik.

“Anak muda membutuhkan regulasi yang memihak anak muda, misal kuota
dalam pemilihan legislatif. Idealisme anak muda akan lebih cepat mengubah wajah legislatif menjadi semakin baik,” ujar kandidat doktoral USU ini.

Yoan Benediktus Wujo Niron merupakan politisi Partai Nasional Demokrasi asal
Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT). Yoan aktif di berbagai organisasi kepemudaan dan kemasyarakatan, di antaranya Vox Populi Institut Indonesia, Pemuda Katholik Kota Kupang, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), dan Jaringan Relawan Untuk Kemanusiaan (J-RUK).

“Saya jadi politisi karena ingin terlibat mengambil bagian dari perjuangan mewakili masyarakat untuk mengawal kebijakan dan progam kesejahteraan masyarakat itu sendiri,” kata Tenaga Ahli Anggota DPR RI Drs Jacki Uly Di Daerah Pemilihan NTT II ini.

Yoel Yosaphat merupakan politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang juga anggota DPRD Kota Bandung 2019-2024 Komisi D. Pernah bekerja di industry kreatif selama tujuh tahun, Yoel punya impian agar industri kreatif semakin berkembang, khususnya bagi kaum
muda.

“Saya ingin jadi bagian dari perubahan di Kota Bandung. Misal dengan membuat
Perda perlindungan pekerja seni. Jika makin banyak orang muda di pemerintahan, kebijakan
lebih bisa cepat dan sesuai diimplementasikan,” kata ketua DPD PSI Kota Bandung ini.

Undang-undang partai politik dan undang-undang pemilu hingga saat ini belum direvisi kekurangannya untuk Pemilu 2024. Dengan sistem pemilu proporsional terbuka, di
mana pemilih bisa langsung menentukan pilihan di daftar caleg, reformasi partai politik
makin penting diupayakan melalui ranah kultural. Pelibatan pemuda menyertakan pendidikan politik akan menghubungkan representasi dan aspirasi pemuda dari masyarakat
ke partai politik menjadi kebijakan yang lebih adil. Semoga, semakin banyak pemuda yang mencalonkan di pemilu juga disertai masyarakat yang memilih pemuda untuk masuk parlemen.( Jhoka )

Di Terbitkan Pada 31 Agustus 2021 by Prabu Media

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed