SELAMAT DATANG DI PRABU MEDIA
TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI KAMI
SAMPAI JUMPA LAGI
oleh

Bursa Panglima TNI, Ada Kejutan Calon Baru

PRABUMEDIA, JAKARTA – Bursa calon Panglima TNI mulai menghangat lagi. Dua bulan lagi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto pensiun, tapi hingga saat ini Presiden Jokowi belum mengajukan calon pengganti Marsekal Hadi. Kalau kondisinya terus tidak jelas seperti ini, jangan kaget bursa Panglima TNI bakal ada kejutan calon baru dari Jokowi.

Salah satu perwira bintang empat yang dijagokan jadi calon Panglima TNI adalah Jenderal Andika Perkasa. Namun sampai kini, belum ada tanda-tanda Jokowi mengajukan Jenderal Andika ke DPR. Siapakah yang akan menjadi calon Panglima ya?

BACA JUGA:

Bursa Panglima TNI ada kejutan calon baru

Pengamat militer, Fahmi Pane mengatakan hingga kini belum ada keputusan definitif siapa yang akan diajukan Presiden Jokowi sebagai calon Panglima TNI kepada DPR.

KASAU Marsekal Fadjar Prasetyo. Foto: Tagar.id
KASAU Marsekal Fadjar Prasetyo.

Fahmi memperkirakan bisa saja Presiden Jokowi mengajukan nama calon Panglima bertepatan dengan momentum TNI.

“Boleh jadi Presiden Jokowi akan mengajukan calon Panglima pasca HUT TNI 5 Oktober 2021, atau bisa saja memperpanjang masa pensiun Marsekal Hadi Tjahjanto,” katanya, Selasa 7 September 2021

Berkaitan kans atau peluang perwira bintang empat yang akan diajukan sebagai calon Panglima, Fahmi sih menilainya pada dasarnya peluang ketiga kepala staf angkatan sama semua, mereka sama-sama berpeluang.

Nah jangan kaget juga dengan kemungkinan kejutan dalam bursa calon Panglima TNI ini.

“Bahkan, bukan mustahil dapat terjadi kejutan dengan munculnya calon baru jika melihat masa pengajuan calon yang belum jelas, sementara promosi perwira-perwira tinggi TNI terus berlangsung,” kata dia.

Kemungkinan itu ada, sebab lihat saja ketentuan calon Panglima TNI sesuai UU TNI, yang mana Pasal 13 UU TNI hanya mengatur Panglima TNI dijabat oleh perwira tinggi aktif yang pernah atau sedang menjadi Kepala Staf Angkatan.

“Presiden mengusulkan satu orang calon kepada DPR untuk mendapat persetujuan,” kata Fahmi.

Jenderal Andika favorit

Hingga kini Presiden Joko Widodo (Jokowi), belum memutuskan siapa calon panglima TNI pengganti, Marsekal Hadi Tjahjanto.

Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa
Kasad Jenderal TNI Andika. Foto Instagram @tni_angkatan_darat

Sementara Hadi bakal memasuki masa pensiun akhir tahun 2021. Tiga kandidat kuat yakni Kasad Jenderal Andika Perkasa, Kasal Laksamana Yudo Margono dan Kasau Marsekal Fadjar Prasetyo.

Jelang pergantian Panglima TNI, sosok KASAD Jenderal Andika Prakasa digadang-gadang jadi calon kuat.

Sebagaimana yang diungkapkan anggota Komisi I dari Fraksi Partai Demokrat, Syarif Hasan menilai dari nama tiga kepala staf yang kekinian disebut-sebut sebagai pengganti Hadi, KASAD Jenderal Andika Prakasa yang cenderung tepat duduk di kursi Panglima TNI.

“Memang yang menonjol sekarang itu Pak Andika. Sangat menonjol sekali kinerja dan performanya dan mudah-mudahan yang terbaik lah yang diserahkan presiden,” kata Syarif di Kompleks Parlemen DPR, Rabu pekan lalu.

Syarif menyebutkan sejumlah kinerja Andika yang dianggal menonjol dibanding dua kepala staf lainnya. Pertama ialah upaya Andika dalam meningkatkan keahilan para prajurit di TNI AD

Kemudian kata Syarif, yakni pembenahan SDM dilingkungan matra Darat yang telah dilakukan Andika.

“Sekalipun kepala staf yang lain melakukan hal yang sama, tapi memang Pak Andika perform sekali,” ujar Syarif.

Kendati begitu, Syarif mengatakan penilaian siapa sosok terbaik  sebagai Panglima TNI sepenuhnya merupakan wewenang Presiden Jokowi. Ia hanya berharap nama pengganti Hadi segera diajukan, mengingat masa pensiun Hadi yang kian mendekat.(hops/pm)

Di Terbitkan Pada 7 September 2021 by Prabu Media

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed