SELAMAT DATANG DI PRABU MEDIA
TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI KAMI
SAMPAI JUMPA LAGI
oleh

Upacara Peringatan HUT AL Ke-76 Di Kampus Prajurit Teknokrat STTAL

Prabumedia, Surabaya – TNI AL-STTAL Surabaya, Komandan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL), Laksamana Pertama TNI Dr. Ir. Avando Bastari, M.Phil., memimpin Ucapara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI Angkatan Laut Ke-76 Tahun 2021, bertempat di Lapangan Bendera Kampus STTAL Bumimoro Krembangan Surabaya, Jumat (10/09/2021).

Upacara peringatan HUT Ke-76 TNI AL di bawah Komando Komandan Upacara, Letkol Laut (KH) Dr. Eko Krisdiono, S.T., M.T., yang sehari-harinya menjabat sebagai Kaprodi S2 Asro STTAL, dengan Perwira Upacara, Lettu Laut (S) Andrik Sujatmoko, BNT. dan yang bertindak sebagai Pengucap Sapta Marga yakni dari Staf Depperskerma STTAL, Serda Kom Cahyo Sutikno.

Upacara kali ini dengan melibatkan Pasukan Upacara dari seluruh Civitas Akademika STTAL yang dilaksanakan sangat terbatas mengingat Protokol Kesehatan dalam masa Pandemi Covid-19 tetapi tidak mengurangi kekhidmatan dalam rangkaian acaranya.

Dalam amanat Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yang dibacakan Komandan STTAL, Laksamana Pertama TNI Dr. Ir. Avando Bastari, M.Phil., dihadapan para peserta Upacara mengatakan bahwa Peringatan Hari Ulang Tahun TNI Angkatan Laut pada setiap tanggal 10 September, merupakan sebuah penghayatan akan perjalanan panjang dari sejarah pengabdian TNI Angkatan Laut kepada bangsa dan negara. TNI Angkatan Laut lahir dan berkembang mengikuti dinamika perubahan zaman untuk mengawal kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kendati di tahun 2021 ini kita masih dalam suasana pandemi Covid-19, namun jiwa dan semangat kita sebagai prajurit Jalasena tetap berkobar penuh keyakinan diri menyongsong masa depan yang jauh lebih baik.

“Sebagai bagian dari komponen utama pertahanan negara, TNI Angkatan Laut akan senantiasa mendukung setiap kebijakan pemerintah dalam menghadapi tantangan nyata saat ini. Tanpa mengurangi pelaksanaan tugas pokok sebagai garda utama pertahanan
Negara di laut, TNI Angkatan Laut juga
berperan aktif mendukung prioritas
Pemerintah dalam penanggulangan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional. Oleh sebab itu, pada peringatan hari jadi ke-76 TNI Angkatan Laut tahun 2021, mengangkat tema: “Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe TNI Angkatan Laut Siap mewujudkan Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”, tegas Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M.

Lebih lanjut Kasal menyampaikan dalam amanatnya bahwa Kekuatan armada kapal perang, pasukan marinir, pesawat udara dan pangkalan yang terintegrasi dalam Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) merupakan keunggulan, sekaligus warna dari TNI Angkatan Laut yang terus berbenah diri, membangun serta
membina kekuatan dan kemampuan sebagai Angkatan Laut yang profesional, modern dan tangguh.

Konsep operational ready force atau kekuatan yang siap dioperasikan harus diwujudkan dengan hasil nyata dengan indikator semakin banyak satuan-satuan operasi yang siap bertempur, semakin cepat dikerahkan, dan mampu berlayar, terbang serta berpatroli lebih jauh dan lebih lama di setiap medan operasi penugasan.

“Meskipun di tengah pandemi Covid-19, dengan lengan baju tersingsing prajurit-prajurit TNI Angkatan Laut tetap melaksanakan tugas-tugas operasi setiap hari. Kekuatan laut yang bertumpu pada ssat terdiri dari kapal perang, pesawat udara dan pasukan Korps Marinir TNI Angkatan Laut serta pangkalan tersebar dan akan selalu siap siaga di seluruh wilayah perairan nusantara, di perbatasan laut, di pulau-pulau terluar, di atas cakrawala biru, bahkan di daerah operasi perdamaian di bawah bendera PBB”, tambah Kasal.

“Setiap risiko dan tantangan kita hadapi dengan tetap bersemangat dan penuh ketabahan. Bahkan sebagian dari para prajurit-patriot sejati telah gugur dan mendahului kita dalam melaksanakan tugas. Kiranya pengorbanan mereka akan selalu kita kenang dan menjadi pengingat bagi kita semua untuk meneruskan perjuangan prajurit Jalasena yang gagah berani dan tangguh. Ketangguhan seperti inilah yang akan menjadi kunci utama bagi kita semua bersama seluruh elemen bangsa, untuk mampu bangkit kembali setelah pandemi sebagai bangsa yang kuat dan terus bertumbuh menuju Indonesia Maju”, Ungkap Kasal.

Di akhir amanatnya Kepala Staf Angkatan Laut menegaskan dan menekankan kepada seluruh prajuritnya, “Jiwa raga kalian hanya untuk
mempertahankan kedaulatan negara. Setiap hembusan nafas kalian harus berupa pengabdian. Tanamkan semangat juang
dalam hati kalian untuk meraih kejayaan Angkatan Laut “Jalesveva Jayamahe”.

Sebelumnya, Civitas Akademika Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) dalam rangka memperingati HUT TNI AL Ke-76, telah melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan diantaranya; Bakti Kesehatan berupa serbuan vaksin, donor darah/konvalesen, ziarah ke Taman Makam Pahlawan, Do’a bersama, Bakti Sosial, Anjangsana kepada Warakawuri Keluarga Besar Civitas Akademika STTAL.

Humas STTAL

Di Terbitkan Pada 10 September 2021 by Prabu Media

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed