Dampingi Kasal, Pangkoarmada ll Hadiri Peluncuran KCR TNI AL Terbaru

Dampingi Kasal, Pangkoarmada ll Hadiri Peluncuran KCR TNI AL Terbaru

SELAMAT DATANG DI PRABU MEDIA 
TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI KAMI
SAMPAI JUMPA LAGI

Prabumedia, Surabaya – Mendampingi Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal), Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M.Tr.(Han) menghadiri peluncuran Kapal Cepal  Rudal (KCR) 60 meter tahap ke- 5 oleh Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto , di Dermaga Kapal Perang PT. Pal Indonesia (Persero) Surabaya pada Minggu (5/12/2021).

Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa, dan Direktur Utama (Dirut) P.T. PAL turut hadir dalam acara peluncuran tersebut. Para Asisten Panglima TNI, Asisten Kasal, Danpuspenerbal dan Komandan Lantamal V juga ikut hadir.

Menurut Dirut PT. PAL, untuk pertama kalinya pengadaan 2 unit kapal cepat rudal yang dikerjakan oleh anak-anak bangsa secara bersamaan antara platform dan sistem sensor senjata cutting dilaksanakan pada tanggal 2 Agustus 2019, serta dilaksanakan pada tanggal 20 desember 2019, memiliki spesifikasi panjang keseluruhan 60 meter dengan lebar 8 meter ,dan tinggi 4,805 meter.

Kemudian displacement sampai dengan 500 ton dengan kecepatan maksimum 28 knot, kecepatan jelajah 20 knot dengan kecepatan ekonomis 15 knot dan mampu bertahan di laut selama 5 hari dengan jarak jelajah hingga 2400 nautical mile. Panjang garis air 5,25 meter akomodasi untuk 55 orang serta telah dilengkapi dengan sistem sensor dan senjata sehingga mampu melaksanakan anti Surface water dan memiliki fungsi tambahan sebagai shadowing amfibi infiltrasi dan exporting.

Kapal KCR 5 ini merupakan desain yang dikembangkan oleh PT PAL, dan sudah teruji sesuai dengan kebutuhan TNI Angkatan Laut. Serta telah mengalami penyempurnaan dari sebelumnya. KCR 5 juga telah dilengkapi Sensor Udara, permukaan maupun bawah laut dan bertepatan dengan peringatan Hari Armada pada hari ini diharapkan nantinya KCR 5 menjadi Armada yang tangguh bagi TNI Angkatan Laut dalam menjaga pertahanan dan kedaulatan Republik Indonesia. (Pen2)

Di Terbitkan Pada 5 Desember 2021 by Prabu Media

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Ada Yang Bisa Kami Bantu?